Jangan Berhenti Ketika Salah Jalan

Salah arahGPS

Mengendara di jalan yang tidak pernah kita lalui sudah pasti kita akan mengalami kesalahan walaupun menggunakan GPS karena kita tidak mampu mengontrol jarak dengan baik apalagi ketika sinyal tidak baik atau terganggu.

Walaupun sebelumnya kita mempelajari jalan yang akan kita tempuh lewat GPS tapi dalam prakteknya kadang kita akan salah jalan dan lalu GPS mengarahkan kita untuk mengikuti jalan yang tidak kita rencanakan alias alternatif untuk menuju lokasi dengan jalan berbeda.

Demikian juga dengan kehidupan. Jika kita sudah salah arah dan salah jalan kehidupan maka janganlah berhenti di jalanan yang salah atau tidak berusaha untuk mencari jalan kehidupan yang baik, tapi lanjutkanlah perjalanan kehidupan dengan melewati kesalahan menuju jalan kehidupan yang didambakan dan di tuju.

Janganlah putus asa dengan kesalahan yang dilakukan tapi segeralah bertaubat dan perbaiki diri lalu berusaha melangkah dari kesalahan menuju tujuan hidup yang benar benar didambakan dan diharapkan.

Perjalan mengendarai kendaraan memberikan saya pesan dan pengajaran bahwa ketika kita berada di persimpangan jalan hendaklah lebih berhati hati untuk menentukan arah demikian juga dalam kehidupan ketika berada dalam dua pilihan kehidupan terkadang kita ragu untuk memilih mana satu yang akan jadi pilihan, usahakan agar jangan ragu ketika dalam persimpangan dan pilihan  kehidupan, segera tentukan mana satu yang jadi pilihan, jangan takut salah karena seandainya pilihan kita salah pun pasti ada jalan yang benar yang akan kita pelajari dari kesalahan.

Jika terus ragu maka kita akan berhenti bergerak dan kemungkinan lebih fatal lagi akan mengalami kecelakaan dalam kehidupan sebagaimana kita berkendaraan dipersimpangan joka ragu maka kita akan mudah di tabrak atau menabrak sesama pengendara. Dan itu akan semakin menghambat perjalanan kehidupan.

Belajarlah untuk cepat mengambil keputusan dalam mengendalikan dua pilihan hidup agar kehidupan bisa berjalan dengan lancar.

Jangan takut, tetaplah yakin bahwa perjalanan kehidupan kita sudah dikendalikan oleh yang Kuasa dan sebaik-baik jalan adalah dalam kendalianNYA jua.

Walaupun salah jalan yakinlah kita akan sampai juga ke tujuan yang ingin kita tuju asalkan kita terus melanjutkan perjalanan dan mengikut arahan GPS. 

Demikian juga dalam kehidupan yakinlah bahwa sang GPS pengendali perjalanan kehidupan kita pasti akan mengarahkan kita ke arah yang benar dan yang akan kita tuju jika kita tetap berpegang pada petunjukNYA.

Advertisements
Posted in belajar, Sosial | Leave a comment

Serbu majikan PATI

Semakin maraknya operasi PATI di Malaysia menjadikan page facebook Jabatan Imigrasi Malaysia menjadi tempat beradu komentar dan luahan oleh PATI seperti pekerja ilegal dari Banglades, Nepal, vietnam dan Indonesia. Salah satu luahan pekerja asal Indonesia

“”RINTIHAN HATI KAMI TKI MALAYSIA…by Nouval Andikaputra””
Sejak umur 19 thn sy dtg dan kje kat mlysia.mse tu pd thun 2000 buln January tgl 19….Hingga thn 2002 sy blik ikut pas tendang…Dan masuk lg ikut caling visa…Tp kerana kerja tak Ngam/cocok…akhirnya sy lari dr majikan dan keje luar Tnpa dokumen..
Thn 2004 sy blik ikut progam pemutihan..

3 buln kat kampung masuk lgi ikut caling visa dg ag3n Enc..dr Pontian…
Ttp pada proses sambung permit ke 6…agen memaklumkan jk permit sy tk dpt sambung…
Akhirnya sy ikut kputsan kawn sye…permit sy di sambungkn dg Enc.Razak…ttp Encik razak kesulitan..akhirnya dia meminta tlong dg Enc. ZULKAIRY JOHOR (POLIS) tetp hingga 3 bulan tk de kbr…
Akhirnya Sy meminta permit sy dg uang rm 1.650 untuk di pulangkan..tp ape yg die ckp???
Soal duit x yah risau…nanti sye pulangkan…
Cam tu je..
Tetpi kenyataan yg sye dpt HAMPA……

tunggu” sye penat..
6 bulan duit pun tak jg di kasih…akhirnya setlh 6 buln tu sy balik kmpung ikut progam 6p thun 2012 tanpa permitt TTP gune SPLP..L…….
Sye masuk lg kt mlysia

Ikut Caling visa dg Enc ….Dr johor hingga sekrg..dan permit sy skrg sdh 5 x sambung….Rm 2.200 dan tiada apapun rintangan…
Sye tak nak Hnya berpihak pd Pati ataupun pihak mlysia….

Yg sy sesalkan….!!!
TOLONG PERMUDAH urusan” dr pembUATAN VISA Permit …itu je..agar kami mudah ikuti progam” kerajaan mlysia…byi yg degil silhkan anda tangkapp..dan tindak tegass
Karna kesukaran pembuatan permit..maka kami akhirnya melalui jln pintas/ ilegal( pati)
Jika proses” di ats dg mudah kmi dapt..kmi tak akan melakukan hal ini dlm mengais rezeki di bumi Allah ini..
kasus” penipuan mcam sye biarlah sy iklaskan….
SY ada byk saudara angkat rkyat tempatan….dan warga melayu …

Dr mereka sy faham…
Rakyat tempatan dan warga MELAYU Ada yg faham keadaan kami para pkerja asing..

Betapa kami bersusah payah mengais rezeki di bumi Allah Dan kami rela berjuang hingga ke negeri Jiran mlysia ini keluarga kami….

WALAU Kadang nyawa kami jdi Taruhan dr ujung jeruji” besi dan binatang buas…😭😭
Kehidupan kmi di Indonesia sama sprti kalian warga tempatan….

Karna kt sama” muslim..negara serumpun…
Pemimpin kt Ni akur.Damai..hatinya sejuk..
Tettp kenpa jaln pnyelesaian tk juga kmi daptkn demi keadilan kmi yg di ketepikan????

Penipuan” itu msh kmi rsakn hingga sekrg???😭😭😭😭

tolong dengrkn sedikit dan luangkan mse untuk memahami kmi pkerja Asing…😭😭😭

Kenpa kalian tega me ngejar” kawan kami tnpa memikirkn nyawa kawan kami saat kalian dg gagah kejar”an???
Pernhkah kalian fikirkan yg ksmi terperosok dr lubang” bangunan 25 tingkat dan kami jatuh lalu mati??

Pernhkah kalian fikir..????😭😭😭😭😭amai dengan komentar dan berbagai pendapat, tidak jarang juga para pekerja migran dari berbagai negara seperti Nepal, banglades dan vietnam serta indonesia ikut berkomentar tentang operasi kepada PATI ini.


Setiap komentar menjadikan page facebook jabatan imigrasi semakin ramai.

Apa yang dapat saya sampaikan dan pesanan buat teman-teman PATI serahkanlah diri kepada pihak berwajib dengan rela dan tanpa perlawanan karena bagaimanapun kita di pihak yang salah dan melanggar aturan.

Dan juga bagi majikan-majikan PATI ino agar sadar diri juga jangan paksakan diri menjadi majikan jika memang tidak memenuhi syarat menjadi majikan karena dengan adanya majikan-majikan PATI ini menjadikan kerugian pada Negara Malaysia sendiri dan juga pada Negara asal PATI bahkan kalau menurut saya majikan majikan PATI  inilah yang menjadi salah satu penyebab adanya PATI.

Operasi sekarang Iini sebenarnya adalah operasi kepada majikan yang degil dengan arahan pemerintah Malaysia, mereka para majikan diminta daftarkan pekerja mereka yang ilegal untuk dibuatkan e kad. Dan yang jadi mangsa malah pekerjanya.

Untuk menghadapi masalah ini tolong

Kepada PATI jangan tinggalkan tempat kerja teman teman biarkan jabatan imigrasi menangkap teman teman di tempat majikan.

Atau serahkan diri secara baik baik dengan memberikan informasi majikan teman teman untuk di proses.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

3 jam di singapore

3 juli 2017, 3jam di singapura. Bersama si hitam kecil ku beranikan diri mengendarainya melintasi jembatan tambak johor menuju singapore.Untuk pertama kalinya melintas ke singapore sebuah kesan yang meninggalkan rasa penasaran karena hanya berlegar legar di jalan sambil memandang bangunan bangunan di singapore sambil memandu si hitam kecil.

Ketika baru memasuki kastam Malaysia setelah pasport di cop harus membayar tol dengan memakai kartu touch n go, sesampai di woodland si hitam kecil harus didaftarkan juga untuk berlegar di jalan singapore.

Setelah mengisi borang pendaftaran yang berisi informasi tentang si hitam kecil seperti misalnya nomor pendaftaran kendaraan, asuransinya, dan juga rotex kendaraan akhirnya si hitam kecil didaftarkan dan bisa berlegar di jalan singapore dengan kartu auto pass vehicle entry permit.

Biaya pembuatan auto pass adalah $10 singapore. Setelah diberi keterangan ringkas tentang bagaimana menggunakan auto pass oleh pegawainya sayapun melanjutkan perjalanan menyusuri jalanan singapore.

Karena baru pertama kali ke singapore dan tidak tahu jalan maka saya memakai gps di hp istri saya yang memiliki kartu sim singapore.

Singgah di tempat kerja istri mengambil beberapa barang pesanan. Di sini setiap blok perumahan di taruh gate auto pass dengan kadar bayaran parkir perjam $1. Parkir di perumahan pun bayar. Inilah yang menjadikan aku pusing dan takut sekali karena sisa top up kartu auto pass tinggal $4 . Ku putuskan untuk top up kartu auto pass di 7eleven. Yang herannya saya keluar dari kawasan perumahan bayar dan masuk lagi area 7eleven yang terdapat di blok lain pun harus bayar…intinya setiap blok harus bayar parkir…makin pusing saya dengan bayaran demi bayaran buat si hitam kecil.

Istri yang mendampingi saya melihat kebingungan saya dengan bayaran parkir selalu berkata ” nah inilah keadaan singapore ” maka jangan heran kalau warga singapore yang punya kendaraan cost hidupnya mahal.

Tanpa pikir panjang saya mengajak istri untuk segera kembali ke Johor Bahru. Tidak mau bingung dengan bayaran parkir hehehe..

Istri saya tertawa geli melihat tingkah saya hehe..katanya mau lihat singpore tapi dah sampai sini kenapa nak balik pula…??

Istri menyarankan untuk jalan jalan keliling singapore saja kalau begitu gak usah masuk parkir.

Akhirnya sayapun mengetik sebuah tempat pada gps dan beredar meninggalkan kebingungan menelusuri jalan menuju marina bay…


Sesampai di marina bay saya perlahankan jalan si hitam kecil agar dapat melihat dan memandang indahnya suasana malam marina bay dan tidak mau parkir karena takur auto pass nanti habis hehehe.

Jam 12 malam akhirnya saya sampai di Johor Bahru dengan meninggalkan suasana singapore yang membingungkanku dengan bayaran parkirnya. Dan ternyata ingatan ke suasana malam singpore membuat saya semakin penasaran apalagi ketika saya tidak dapat berphoto di tempat-tempat menarik di singapore.

Yah namanya saja orang berpenghasilan pas pasan segala sesuatunya pasti harus menyesuaikan diri dengan keadaan keuangan apalagi ketika mau jalan jalan mencari hiburan di negara maju. Bukanya hiburan yang di dapat tapi pusing hehe..

Kesan pengalaman ke singapore ini menjadikan saya semakin sadar bahwa mencari hiburan dan liburan itu harus bersesuaian dengan takaran kantong dan dompet agar tidak pusing seperti saya.

pesan saya “Berliburlah dan berhiburlah sesuai dengan kemampuan kita” karena jika tidak maka hiburan dan liburan anda akan menjadikan anda pusing tujuh keliling.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Ke pantai remis, kapar, Selangor

Sudah beberapa kali singgah di pantai ini, dan tiap singgah akan memberi inspirasi tersendiri bagi saya.

Seperti pada kunjungan raya kali ini saya di suguhkan pandangan yang sebelumnya saya belum saksikan di perkampungan sekitar pantai yaitu bertani sayur di sekitar perkampungan tepi pantai.

Tanah pasir dan gambut bukan lagi halangan bertani dengan adanya sistem bertani pot yang sudah tidak mengherankan lagi.

Hal yang lebih menarik adalah akan adanya peralihan propesi dari masyarakat nelayan dari menangkap ikan ke pertanian yang juga menambah produktivitas nelayan.

Saya melihat di sekitar pantai penduduknya sudah ada yang bertani seperti menanam timun dan serai disekitar pekarangan rumah penduduk pantai.

Hal inilah yang membuat saya berkeyakinan bahwa masyarakat nelayan juga mampu hidup mandiri dengan kombinasi propesi antara menjadi nelayan dan bertani, seperti juga banyaknya para pegawai kantoran yang mengkombinasikan bidang pekerjaannya dengan usaha tambahan seperti usahawan online dan lain lainnya.​
Semoga impian saya  untuk menjadikan desa bagik papan menjadi desa mandiri yang kokoh dapat di dukung oleh para warga terutama warga yang kebanyakan berpropesi sebagai TKI bisa menjadi sebuah usaha ikhlas yang akan membawa perubahan bagi desa.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Nasehat

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kenapa uang logam bulat/bundar….?

Sebelum anda menjawabnya sebaiknya anda perhatikan uang logam yang ada di sekitar anda…!

Jika tidak ada disebu maka cobalah tukar uang kertas anda dengan teman atau pedagang dengan uang logam.

Setelah itu cobalah anda perhatikan dengam sesama lalu teliti dengan baik….!

Uang logam bulat karena….?

Tidak rahi jawabannya….?

Ok kita mulai bahas tentang uang logam persi TKI (tulisan kurang ilmiah) yang akan saya paparkan.

Uang logam bulat tapi tidak bulat seperti bola kan…!

Itu menandakan bahwa para pencipta iang logam menghormati bumi sebagai asal digalinya logam….bayangkan seandainya uang logam pipih ini sebesar diameter bumi dan pas ditancapkan di tengah tengan bumi lalu membelah bumi ini…!

Maka oleh sebab itulah uang logam bulat pipih sebagai penghargaan kepada bumi.

Beda dengan uang kertas yang dari bahan bakunya kertas yang berasal dari kayu bulat lonjong. dan kayu banyak di buat empat persegi sebelum digunakan.

Jarang orang memotong kayu seperti potongan krepek kalaupun ada sangat minim.

Di samping alasan di atas uang logam juga disiapkan sebagai persiapan penanggulangan bencana grafitasi…dimana tujuan dibuatnya logam bulat pipih ini agar bisa menyebar di serata dunia sebagai penambah kekuatan garavitasi bumi..

Selain itu juga uang logam bulat pipih itu ada karena dipakai sebagai persediaan ketika persediaan besi dan logam di bumi sudah habis  maka uang logam yang akan dipakai sebagai bahan pokok membuat peralatan berasaskan logam.

Demikian beberapa alasan uang logam bentuknya bulat dan kenapa masih di pakai.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

kamera media terkunci pada satu titik shooting

” kamera media terkunci pada satu titik shooting “
wadihana 19/2/2017, ungkapan ” kamera media terkunci pada satu titik shooting ” merupakan kalimat yang sangat sesuai saya ungkapkan untuk media-media yang menyajikan berita-berita yang mengarah pada sokongan terhadap badan-badan tertentu dengan tujuan memberikan sokongan dan dukungannya lalu mengarahkan audiennya untuk menanggapi secara positive terhadap berita yang disajikan, tidak jarang juga dengan memberikan berita kekurangan dan kelemahan bahkan seperti menyerang kubu tertentu yang menjadi pesaing badan yang didukungnya,
dengan situasi media yang seperti ini menyulitkan bagi kita untuk mengakses berita yang akurat dan bisa dipercaya,
apalagi dengan adanya berita online yang seperti cendawan tumbuh di musim hujan semakin memberikan keragaman berita dengan sudut pandang masing-masing yang tentuya menyelipkan tujuan-tujuan tertentu baik tujuan yang bersifat positif dan juga tujuan-tujuan negative bagi audiennya, boleh dikatakan bahwa media sekarang dijjadikan sebagai alat perang untuk menyerang dan mempengaruhi audien dengan agenda-agenda yang sudah dirancang oleh pihak yang berkepentingan, maka tidak jarang pengaruh berita di media menjadikan pola pikir dan pola pandang audien semakin m beraneka ragam.
banyak kita lihat di media sosial perang link berita sesama pengguna medsos untuk membuktikan kebenaran berita yang diposting di medsos dan adu argument mempertahannya pengetahuannya tentang berita dengan merepost berita yang dibaca, akan tetapi audien yang sudah termakan oleh panatisme terhadap sosok pemimpin misalnya tidak akan menerima link berita yang memojokkan sosok tertentu yang diagungkan sehingga perang link berita di medsos semakin hangat dan tidak jarang berakhir dengan kalimat sumbang diantara sesama audien.
buruknya jika audien sudah terikut pada pola pandang kamera media yang sudah terkunci pada satu titik shooting yang menyajikan tentang sosok yang menjadi pujaannya akan menghina dan mencela media lain yang memburukkan pujaannya,
sebagai catatan akhir saya mengajak kepada teman-teman semua marilah kita menjadi audien yang bijak , bijak sana dan bijak sini sehingga kita tidak menjadi audien yang sempit pola pandangnya seperti pola pandang kamera-kamera berita media yang sudah terikat dan terkunci pada satu titik berita yang memiliki kepentingan tertentu.
#sulitnya_percaya_media
Posted in Ratapan, Sosial | Leave a comment

lukisan suka suka

This gallery contains 34 photos.

Gallery | Leave a comment

sholahne bagek papan sujud

MOV01599_2118

MOV01603_5000167295_138018586257832_100001490746033_222911_5523440_n1.jpgDSC01614

Posted in Uncategorized | Leave a comment

angkat buah sawit

Video | Posted on by | Leave a comment